Jumat, 28 Juni 2013

[Linux] Connect Wifi Lewat Terminal

Kalau biasanya kita connect ke wifi menggunakan wicd-network-manager dan network-manager, nah kali ini saya akan memberikan sedikit tips atau cara connect ke wifi lewat terminal, cara ini bisa berguna disaat wicd dan network-manager anda tdk berfungsi seperti biasanya (hank).

pertama-tama interface dari kartu jaringan anda harus di ‘UP’ dulu. biasanya sih wlanO, eth1 dll.
$ ifconfig “interface” up

kemudian scan untuk menemukan essid atau nama wifi.
$ iwlist “interface” scan

kurang lebih tampilannya seperti ini
Address: 54:E6:FC:FE:2B:F2
Channel:11
Frequency:2.462 GHz (Channel 11)
Quality=27/70  Signal level=-83 dBm
Encryption key:on
ESSID:”KPLI PALU”
Bit Rates:1 Mb/s; 2 Mb/s; 5.5 Mb/s; 11 Mb/s; 6 Mb/s
12 Mb/s; 24 Mb/s; 36 Mb/s
Bit Rates:9 Mb/s; 18 Mb/s; 48 Mb/s; 54 Mb/s
Mode:Master
Extra:tsf=000000688f832aef
Extra: Last beacon: 48ms ago
IE: Unknown: 000C544958204E4554204B4F5441
IE: Unknown: 010882848B960C183048
IE: Unknown: 03010B
IE: Unknown: 050400010000
IE: Unknown: 2A0102
IE: Unknown: 32041224606C
IE: WPA Version 1
Group Cipher : TKIP
Pairwise Ciphers (1) : TKIP
Authentication Suites (1) : PSK

Kebetulan disini Wifinya menggunakan WPA, cara connect ke wifi:
$ wpa_passphrase ‘namawifi’ password

Lanjut

$ wpa_passphrase ‘namawifi’ password > /etc/wpa_supplicant.conf

Lanjut

$ wpa_supplicant -Bd -Dwext -i ‘interface’ -c /etc/wpa_supplicant.conf

Jangan lupa di jadikan dhcp client dulu:
$ dhclient


Selamat ber'internetan ria :D

8 komentar:

  1. mksud "interface" disana apa gan??? ane coba kga bisa...

    BalasHapus
  2. Terimakasih mas, sangat membantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. ane ga bisa gan , ente pake pake linux apa emang?

      Hapus
  3. Interfaces contohnya wlan0, eth0,eth1,dll

    BalasHapus
  4. thx mas bro, anda memberi harapan baru. install dari mini.iso reboot gak konek wifi

    BalasHapus