Sabtu, 09 Maret 2013

Cara Mudah Meningkatkan Memory RAM Komputer Atau Laptop Dengan Flashdisk

RAM (Random Access Memory) digunakan oleh komputer untuk proses komputasi yang menjalankan program perangkat lunak. RAM juga menyimpan informasi sementara yang menampilkan data pada layar komputer. Meningkatkan jumlah RAM membuat daya komputasi komputer lebih kuat—komputer dapat menjalankan program yang kompleks dan bekerja dengan berkas berukuran besar. Semua informasi yang tersimpan dalam RAM hilang ketika komputer dimatikan.
Memori atau biasa disebut RAM (Random Access Memory) adalah salah satu factor penting dalam hal meningkatkan kinerja suatu computer atau PC. Semakin besar memori yang terpasang di komputer maka akan semakin cepat pula kinerjanya. Begitu pula sebaliknya kinerja computer akan menjadi lambat manakala memori yang terpasang mempunyai volume yang kecil. Selain hal tersebut, aplikasi-aplikasi yang sering digunakan juga membutuhkan banyak ruang memori untuk proses kinerjanya, seperti MS Office, Aplikasi photo editing (adobe photoshop, GIMP), aplikasi video editing (Microsoft movie maker. Adobe premiere), Browser (Internet explorer, Mozilla firefox) aplikasi virtual PC, dll. Sehingga pada saat membuka aplikasi tersebut kinerja computer menjadi lebih lambat dari biasanya.
Saat ini memori atau RAM sudah tersedia sampai  4 GB atau lebih, tentu saja semakin tinggi kapasitas memori harganya pun juga akan semakin mahal. Pada windows 7 terdapat satu fitur untuk menambah kapasitas memory dengan menggunakan flashdisk. Fitur tersebut adalah Readyboost. Flashdisk yang dapat digunakan untuk menambah kapasitas memory adalah flashdisk yang sudah mendukung untuk readyboost. Jadi Readyboost merupakan salah satu cara untuk mempercepat kinerja windows 7.
Dengan mengaktifkan readyboost, maka computer akan menggunakan space pada flashdisk atau removable media yang lain untuk meningkatkan kinerja system computer.  Jika readyboost telah diaktifkan maka pada flashdisk akan terbentuk file cache yang mempunyai ukuran yang telah ditentukan sebelumnya pada saat pengaturan awal readyboost.
Cara untuk mengaktifkan readyboost adalah :
  1. Colokkan flashdisk ke computer kemudian buka windows explorer.
  2. Klik kanan pada USB flash drive kemudian pilih properties














    3. Pada jendela properties yang muncul klik tab Readyboost.
    4Aktifkan pilihan use the device, setelah itu atur ukuran space yang dipergunakan dengan menggeser slide kekanan atau kekiri. Jika sudah klik OK






















Maka flashdisk anda spacenya akan terpakai untuk readyboost sebesar yang telah anda tentukan diatas.

1 komentar: