Selasa, 12 Maret 2013

Merubah Shortucts Pada Firefox Dengan Customizable Shourtucts

Menggunakan tombol shortcut memang sedikit banyak membantu pekerjaan kita dalam mengakses sebuah aplikasi, karena hanya dengan menekan tombol kombinasi pada keyboard maka semua perintah akan dengan cepat dijalankan oleh aplikasi tersebut. Setiap aplikasi memiliki tombol shortcut yang berbeda-beda, salah satunya aplikasi browser. Banyak browser memiliki tombol shortcut yang berbeda-beda dan kali ini saya akan membahas mengubah shortcut pada browser Firefox dengan mudah.





Secara default browser Firefox memang telah menyediakan berbagai macam tombol perintah seperti halnya Ctrl+J untuk membuka hasil download, Ctrl+Z untuk kembali ke sebelumnya, Ctrl+R untuk merefresh dll. Namun pernah tidak kamu merasa bosan dengan kombinasi tombol yang bisa dibilang masih standart? Jika iya, gunakan saja Customizable Shortcuts.
Sesuai dengan namanya, Customizable Shortcuts merupakan add-ons Mozilla Firefox yang berhasil dikembangkan oleh Tim Taubert, bisa kamu pergunakan untuk bermain-main atau merubah kombinasi tombol sesuai yang kamu inginkan. Cara penggunaanya juga sangat mudah. Berikut saya akan memberikan cara menggunakan Customizable Shortcuts.
Pertama-tama kamu harus mendownload dengan mengunjungi halamannya di:

https://addons.mozilla.org/en-us/firefox/addon/customizable-shortcuts/

Setelah halaman terbuka klik Add to Firefox.





Tunggu hingga proses pengunduhan selesai berjalan. Kemudian akan muncul kotak dialog yang mengijinkan kamu untuk melakukan installasi. Klik Install Now. Jika sudah, maka akan muncul pemberitahuan bahwa proses pemasangan add-ons telah berhasil. Enaknya Customizable Shortcuts tidak membutuhkan restart browser. Jadi bisa langsung di pergunakan.






Add-ons tersebut tidak akan muncul pada bagian toolbar browser, melainkan untuk dapat mengaksesnya kamu bisa melalui menu Firefox > Options > Options. Setelah terbuka jendela Options, langsung saja berpindah ke tab Shortcuts. Disinilah kamu bisa melakukan pergantian berbagai tombol shortcuts, caranya mudah hanya dengan double klik salah satu dari daftar shortcut kemudian isikan dengan tombol baru.










Catatan: Jika kamu mengganti salah satu tombol shortcuts dengan yang baru, namun sebelumnya sudah terdapat perintah tersebut, maka Customizable Shortcuts tidak akan memberikan peringatan, akan tetapi hanya menandai shortcuts lama dengan mencoretnya. Misalnya kamu mengganti Refresh (Ctlr+R) menjadi tombol Ctrl+J. Secara default Ctrl+J merupakan perintah untuk membuka hasil download, maka Ctrl+J untuk download akan dicoret dan tidak akan berfungsi untuk membuka download, melainkan sudah tergantikan dengan perintah Refresh. Dengan menggunakan Customizable Shortcuts, selain kamu dapat terbantu karena lebih mudah menjalankan perintah dengan tombol shortcuts, kamu juga dapat merubah berbagai macam shortcuts sesuai yang kamu inginkan. Tertarik? Bisa kamu coba di browser Firefox kamu. Semoga bermanfaat :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar