Rabu, 19 Juni 2013

Cara Memperbaiki Windows 7 Yang Tidak Bisa Booting / Bootloader Rusak

Nah Setelah seharian mengutak-atik netbook teman saya yang rusak, akhirnya ketemu juga solusinya yaitu dengan cara menggunakan recovery tool yang ada di installer CD Windows 7. Karena netbook teman saya tidak memiliki DVD-ROM, maka saya harus membuat flashdisk Windows 7 yang bootable.

Setelah jadi flashdisk Windows 7 nya, saya colokkan flashdisk-nya lalu saya pilih booting ke flashdisk, lalu pada saat muncul tampilan seperti di bawah ini saya klik tombol Next. Pada netbook ASUS 1015PEM yang teman saya gunakan, agar bisa botting ke flashdisk saya tekan tombol Esc berulang-ulang pada saat netbook dinyalakan hingga muncul tampilan menu untuk memilih booting, lalu saya pilih USB pada pilihan menunya.



Kemudian pada saat muncul tampilan seperti di bawah ini saya klik menu Repair your computer di pojok kiri bawah.



Selanjutnya muncul jendela kecil dengan tulisan System Recovery Options yang melakukan Searching for Windows Installations saya tunggu hingga selesai proses ini, setelah selesai saya melihat tampilan seperti di bawah ini, saya klik tombol No pada jendela tersebut.



Kemudian setelah jendela pilihan tombolnya hilang saya klik tombol bulat kecil di samping pilihan Use recovery tools that can help fix problems starting Windows lalu saya klik tombol Next, dan saya melihat tampilan seperti di bawah ini, pada tampilan ini saya klik menu Command Prompt.




Setelah muncul jendela Command Prompt nya saya ketikkan perintah berikut satu persatu :

bootrec.exe /FixMbr

bootrec.exe /FixBoot

bootrec.exe /RebuildBcd

Lalu saya tutup jendelanya dan saya klik tombol Restart.

Tambahan : bagi yang ingin mengatur boot menu sendiri, silahkan gunakan aplikasi EasyBCD. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar