Senin, 24 Juni 2013

Cara merubah tampilan Kubuntu 12.04 menjadi Windows 7 dengan Vistar7 NewSeven Transformation Pack

Untuk urusan tampilan, GNU/Linux memang ga ada matinya! Berbagai jenis tampilan desktop bisa dibuat di sistem operasi Linux. Memang pada dasarnya ada beberapa Desktop Manager yang bisa digunakan di Linux, sebut saja yang saat ini sedang banyak digunakan adalah KDE (K Desktop Environtment), Gnome, Xfce, MATE dll. Dan setiap Desktop Manager pun memiliki ribuan tema tersendiri yang tentu saja bebas dipilih sesuai dengan selera. Nah, kali ini saya ingin mecoba memperkenalkan sebuah tampilan Windows Vistar 7 Transformation Pack, yang bisa merubah tampilan KDE 4 di Kubuntu menjadi layaknya Windows 7 atau Vista.

Coba simak nih tampilan dasar dari KDE 4 :


Nah, sekarang coba simak screenshot yang satu ini, dimana KDE 4 sudah dimodifikasi dengan Vistar7 Newseven Transformation Pack :

Untuk dapat merubah tampilan KDE menjadi windows Seven ini kita bisa menggunakan Newseven Transformation Pack yang bisa digunakan untuk semua distribusi linux dengan desktop KDE.

Jadi, silahkan unduh newseven transformation pack di http://kde-look.org/content/download.php?content=129647&id=1&tan=13069431

Setelah itu berhasil di unduh, kita ekstrak dengan menggunakan program kompresi yang ada di linux. Lalu masuk ke console/terminal, lalu masuk ke direktori hasil ekstrak tadi.

Setelah itu rubah hak akses file install.sh agar bisa dijalankan dengan perintah :
~$ chmod +x install.sh
Setelah itu, baru kita instal tema seven dengan perintah :

sudo ./install.sh
atau

~$ sudo sh install.sh
Setelah itu restart komputer anda dengan perintah :

~$ sudo shutdown -r "now"

Nah, gampang bukan? setelah direstart tema newseven tranformation pack akan terlihat saat mulai booting hingga masuk KDE.

Untuk mengembalikan tampilan standar / di uninstall. Lakukan perintah dibawah ini pada direktori yang sama dengan saat instalasi :
~$ chmod +x deinstall.sh
~$ sudo ./deinstall.sh (atau deinstall_userfiles.sh)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar