Selasa, 25 Juni 2013

Mengenali Penyebaran Virus di komputer Windows



Kita tahu bahwa komputer ber-sistem operasikan Windows sangat rentan terhadap virus. Meskipun kita berpindah ke sistem operasi lain, belum menjamin bahwa kita bebas dari namanya Virus. Untuk mengenali bagaimana virus tersebut menyebar penulis akan memaparkankannya sebagai berikut.

1. Internet
Media ini paling sering digunakan oleh banyak pengguna komputer di seluruh dunia, dan sebagian besar juga virus dan malware berkeliaran lewat media ini. Dalam hal ini, pengguna diharapkan jeli sebelum mengklik suatu link, website, maupun iklan - iklan yang bertebaran di Internet karena, biasanya iklan tersebut mengandung virus. Lebih amannya anda tidak usah mengklik situs , link, atau iklan tersebut karena kebanyakan link tersebut akan membawa anda atau bisa memaksa anda mengunduh program jahat untuk anda eksekusi.

2. Storage Media
Storage Media meliputi flashdisk, memory eksternal, dan lain-lainnya yang berhubungan dengan media penyimpanan. Bahkan virus tersebut bisa menempel di smartphone pengguna, misal Android, iPhone, dll dengan memanfaatkan memory external pengguna Smartphone.

Contoh penyebaran virus paling banyak terjadi di Flashdisk. Bagi yang sering ke warnet, bukan tidak mungkin, pastinya sekitar 80% flashdisk yang sudah tertancap di komputer warnet anda pasti disusupi oleh virus. Hasil survei penulis, sekitar 90% lebih Warnet di daerah Penulis, tepatnya di Bali, telah tertanam virus. Contoh virusnya:
Recycler,Banyak Shortcut yang diciptakan diflashdisk tersebut.

Untuk menangani virus di yang menyebar seperti ini sebenarnya gampang dan banyak cara. Misal: cek file apa yang ada dimedia, bila ada penambahan file secara tidak wajar, bisa dipastikan itu file virus. Untuk menghapusnya bisa gunakan Linux, LiveUSB/CD/DVD Windows.

3. Teman/Musuh
Pastinya yang ini adalah hal yang sangat umum, mungkin karena Teman anda jahil, atau  Musuh anda tidak suka anda lalu menyusupi komputer anda dengan virus. Satu2 nya cara menanganinya adalah "mungkin" menggantung teman anda di jemuran terdekat, atau mutilasi musuh anda (Warning! Cara ini sangat tidak disarankan!).

4. Antivirus
Lho kok bisa? Program antivirus juga sering disalah gunakan oleh pembuatnya, seperti 
contoh berita di situs ini:
Antivirus palsu
Penulis menyarankan untuk menginstall program antivirus yang terpercaya yang akan disebutkan nanti.

5. Dan Lain - Lain
Karena perkembangan teknologi yang pesat maka perkembangan kejahatan semakin meningkat pula. Jadi pengguna diharapkan waspada terhadap program-program baru, dan jangan terburu-buru untuk mengeksekusi suatu program aplikasi.
Penulis menyarankan untuk selalu menggunakan Antivirus. Minimal 2 Antivirus untuk sedikit melindungi komputer dari gangguan tersebut. 1 dari vendor Luar Negeri, dan 1 dari vendor Lokal.

1.) Dari Luar Negeri: Avira, Avast, AVG, EsetNOD32
2.) Dari Lokal: Smadav, PCMAV

Tidak ada komentar:

Posting Komentar