Kamis, 11 Juli 2013

Cara Mengatur Brightness di Ubuntu Secara Manual

Masalah yang tidak bisa dirubah setelah menekan tombol FN + Up Arrow dan FN + Down Arrow di Linux. Saya sudah menggunakan berbagai cara untuk mengatasi masalah yang timbul tapi itu semua tidak bisa.Dan sekarang akhirnya bisa juga.
Ok langsung saja

Cara Mengatur Redup dan Kecerahan Layar Laptop Secara Manual :

1. Buka Terminal ~ CTRL+ATL+T

2. Ketik perintah berikut :
~$ sudo setpci -s 00:02.0 F4.B=10

Perintah diatas bermaksud untuk mengatur secara manual ke angka yang tidak terjangkau oleh fungsi fn. Angka "10" diatas ini merupakan angka yang mempengaruhi kecerahan suatu layar laptop di ubuntu. Semakin besar angkanya semakin cerah dan sebaliknya, semakin kecil angkanya semakin redup layarnya.

5 komentar:

  1. Saya juga ngalamin hal serupa. Hanya saja kalo pake cara sampean , saat restart layar kembali terang.
    Alkhamdulillah sudah solving. Gambarannya ada di http://maslasno.blogspot.com/2013/02/setting-brightness-ubuntu-1204.html

    terima kasih

    BalasHapus
  2. saya menggunakan ubuntu 14.04
    saat membuka terminal,saya diminta untuk memasukkan password,tetapi saya tidak bisa mengetik passwordnya dan hanya bisa menekan ¨enter" mohon pencerahannya

    email saya : rahenda_3@rocketmail.com (mohon dibalas via email)

    terima kasih banyak

    BalasHapus
  3. cara mengatur kecerahan layar di ubuntu memang sangat mudah, lebih praktis menggunakan command line dan lebih mudah jika menggunakan Guide user interface. salam opensource :)

    BalasHapus
  4. [08:54, 23/1/2018] +62 852-3692-7068: Terimakasih infonya sangat membantu
    salam Aqiqah Jogja

    BalasHapus
  5. [08:54, 23/1/2018] +62 852-3692-7068: Terimakasih infonya sangat membantu
    salam Aqiqah Jogja

    BalasHapus